RANGKAIAN PENYEARAH PEMBEBAN

Rangkaian penyearah pembeban adalah rangkaian dengan adanya beban L = 0 dan L 0, maka output dari sumber tegangan tidak akan mencapai nilai 2nV yang akan terjadi ripple pada gelombang tegangan. Besarnya penurunan tegangan adalah V dan besarnya ripple dari puncak ke puncak sebesar 2dV.

(2)

Nilai puncak V terjadi pada t1 dan V jatuh pada nilai +V dimana dioda baru saja berhenti mengalirkan arus kapasitor pelicin. Setelah arus mengalir secara terus menerus dari kapasitor pelicin tersebut, kemudian akan berhenti sejenak sebelum waktu t2 yang disebabkan oleh tegangan yang mendadak turun. Penurunan tegangan ini disebabkan oleh dioda yang mulai mengalirkan arusnya (melepaskan muatannya) ke kolom oscilasi (susunan kapasitor). Jika muatan yang dipindahkan adalah q, maka muatan ini akan dipindahkan ke beban setiap cycle (nilai q = 1/f = I.T). Muatan ini berasal dari susunan kapasitor pelicin (kolom pelicin). Jika tidak ada muatan yang dipindahkan (selama waktu T) dari kolom pelicin lewat dioda ke kolom oscilasi (kelompok kapasitor), maka nilai puncak dari gelombang ripple akan menjadi :

2dV = T.I (1)

Tetapi sesaat sebelum waktu t2, setiap dioda mulai memindahkan muatannya yang besarnya sama (q) dan semua muatan ini akan diambil dari kolom pelicin di antara titik dioda yang bersangkutan. Oleh karena itu, seluruh ripple yang terjadi akan menjadi :

dV = 1/2f (1/C+ 2/C+ 3/C+ ... n/C) (1)

Dari sini terlihat bahwa pada susunan “Kaskade” kapasitor yang terletak dipaling bawah akan menampung semua ripple yang terjadi. Sehingga cenderung untuk menaikkan kapasitansi kapasitor yang terletak pada tingkat bawah. Tetapi harus diperhitungkan bila terjadi kegagalan pada beban, maka kapasitor yang kapasitansinya kecil akan mendapat tekanan yang melebihi kemampuannya. Untuk menghindari hal seperti ini, maka dipilih nilai kapasitansi yang sama untuk setiap kondensor. Dengan ; maka persamaan menjadi (1)

Dalam hal ini faktor ripple dapat dituliskan

(1)

Tetapi dalam praktek transformator tidak ideal dan diode pun terdapat kerugian, maka akan diberi beban dan tegangan akan turun. Pada saat t = t1, Cdimulai sampai dengan V. Bila D adalah ideal dan kerugian berasal dari bagian sumber arus bolak-balik maka kapasitor C akan diberi tegangan mencapai nilai :

(1)

Hal ini disebabkan karena Cakan kehilangan muatan sebesar nq selama satu cycle sebelum C’ menggantikannya. Pada saat t = t2, selain memberikan muatan (q) pada beban selama T, Cjuga memberikan muatan kepada juga sebesar q. Dengan demikian hanya dapat dimuati lagi sampai mencapai nilai maksimal sebesar :

(1)

Demikian juga kapasitor hanya dapat diberi muatan sebesar

(1)

Bila kapasitor memiliki kapasitansi yang sama, maka

C = C = C’ = C = C’ = ... C = C’

Penurunan tegangan pada masing-masing tingkatan sebesar

(1)

Dimana q – 1/f, sehingga keseluruhan penurunan tegangannya menjadi :

(1)

Referensi

(1) Abduh, Syamsir. “Dasar Pembangkitan dan Pembangkitan”. Salemba Teknika. Jakarta. 2001

(2) http://images.google.co.id/ rangkaian+penyearah

Posting Komentar

0 Komentar